Umat Bertanya Waled Menjawab Pemikiran Tgk. H. Nuruzzahri

0
160

Pendidikan merupakan satu kebutuhan asasi manusia dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Tanpa pendidikan manusia akan kehilangan jati diri mereka. Mereka tidak lagi mampu mmiliki budi pekerti dan akhlak yang baik sehingga mereka tidak mampu menunaikna tugas sebagai khalifah penjaga bumi.

Duni pendidikan selalu berubah seiring pergantian zaman dan masa. Bermula dari pendidikan di mesjid-mesjid dengan belajar ilmu agama yang lebih dikenal dengan pendidikan halaqah, berubah dengan belajar di kelas untuk mengkaji ilmu umum sekaligus ilmu agama yang disebut dengan pesantren terpadu, kemudian berubah lagi menjadi belajar di perguruan tinggi yang diberi gelar sarjana.

Tgk. H. Nuruzzahri atau yang akrab dipanggil dengan Waled Nu adalah seorang ulama di bumi Aceh yang sangat peka terhadap perkembangan zaman. Seiring berubahnya zaman, tradisi belajar pun ikut berubah. Dan Waled Nu paham betul dengan perubahan sistem pendidikan ini.

Awalnya, Waled Nu hanya membangun dayah, namun seiring perkembangan tersebut beliau juga membangun pendidikan lanjutan dengan membuka perguruan tinggi. Hal ini karena Waled Nu sadar akan masa depan santri yang berhadapan dengan berragama tantangan, salah satunya harus memiliki kualifikasi yang lebih tinggi yang mensyaratkan gelar akademik.

Menariknya, konsep pendidikan yang di kupas dalam buku ini bukan cuma yang berkaitan dengan pendidikan dayah. Tapi juga pendidikan islam ala kampus, pendidikan keluarga, pendidikan anak-anak, dan pendidikan pemerintah. Hingga di bagian terakhir buku membahas tentang beberapa jawaban Waled Nu terhadap permasalahan umat terkini.

Selain itu, buku ini menjadi sebuah pertimbangan untuk orang-orang yang memandang sinis terhadap ulama dayah Aceh tidak menulis, buku ini adalah sebuah jawaban bahwa ulama dayah memegang pena untuk menggoreskan ilmunya di lembaran kertas.

Judul Buku                  : Umat Bertanya Waled Menjawab Pemikiran Tgk. H. Nuruzzahri

Penulis                         : Abdul Hamid M. Djamil, Lc

Penyunting                  : Murizal Hamzah

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                           : Pertama, September 2016

ISBN                           : 978-602-1632-74-1

Tebal                           : xx + 152 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here