ukan Undang-Undang Biasa; Refleksi 10 Tahun Undang – Undang Tentang Pemerintahan Aceh

0
47

Buku ini penting dalam memberikan informasi penting dari pelaksanaan UU 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA). UU ini sangat penting bagi Aceh. Dalam konteks filosofis, tujuan pembentukan UUPA sangat fundamental bagi Aceh, yakni penyelesaian masalah Aceh secara damai dan bermartabat.

Sebagai UU yang lahir dari kepentingan penyelesaian konflik secara damai, maka wajar bila berbagai kewenangan dutegaskan secara jelas, pasal 7 Pemerintahan Aceh disebutkan: Pemerintahan Aceh dan kabupaten/kota berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah, meliputi urusan pemerintahan yang bersifat rasional, politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, moneter dan fiskal nasional dan urusan tertentu dalam bidang agama.

Buku ini, dengan tulisan masing-masing penulis, mencoba melihat dari berbagai sisi. Berbagai masukan diharapkan akan membantu siapapun yang ingin melihat hukum Aceh dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Buku ini akhirnya disusun dalamlima bagian, yang walau dengan semangat bebas masing-masing penulis, tetap ingin diikat dengan satu benang merah dan tiga kunci utama, yakni UUPA, Aceh, dan kekayaannya.

Judul Buku : Bukan Undang-Undang Biasa; Refleksi 10 Tahun Undang – Undang Tentang Pemerintahan Aceh

Penulis : Ade Arif Firmansyah, S.H.,M.H., dkk.

Penyunting : Sulaiman Tripa

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Pertama, Juni 2016

ISBN : 978-602-336-1632-57-4

Tebal : 14,8 x 21 cm; viii + 326 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here