Transformasi Sosial dalam Teks Sastra : Pembacaan Realisme Sosialis atas Novel “Zaynab” karya Muhammad Husayn Haikal

0
32

Kajian ilmu sastra, khususnya di perguruan tinggi Indonesia, jarang sekali dikaitkan dengan disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, sehingga ia teresan berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan dengan keberlangsungan hidup umat manusia. Kalaupun sudah ada beberapa kajian yang berusaha untuk mengaitkannya dengan disiplin ilmu-ilmu yang lain, namun hal tersebut masih tergolong langka dan sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena pola pengajaran dan penelitian sastra masih menganut pendekatan strukturalisme yang melihat karya sastra sebagai sesuatu yang otonom dan memahaminya pun hanya melalui srtuktur bahasa semata tanpa melibatkan sesuatu yang ad di luar teks itu sendiri.

Buku ini membuktikan bahwa sebuah karya sastra memiliki keterkaitan dengan keberlangsungan hidup umat manusia. Selama ini, banyak kalangan yang memandang sinis terhadap kajian kesusastraan, termasuk sastra Arab, karena dianggap tidak memiliki peranan dan kontribusi apa-apa dalam kehidupan manusia.

Buku ini telah berusaha membedah novel “Zaynab” yang ditulis oleh Muhammad Husayn Haykal dengan menggunakan teori realisme sosialis yang diusung oleh Georg Lukacs. Penulis memperlihatkan bahwa Haykal telah melakukan kritik sosial sebagai upaya pembelaannya terhadap kaum lemah yang tertindas.

Haykal ibarat sorang pahlawan yang telah membangkitkan semangat perlawanan orang-orang miskin untuk bisa hidup secara terhormat, sebagaimana lazimnya manusia merdeka.

Judul Buku : Transformasi Sosial dalam Teks Sastra : Pembacaan Realisme Sosialis atas Novel “Zaynab” karya Muhammad Husayn Haikal

Penulis : Zuhelmi

Penyunting : Muhammad Yunus Ahmad

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Pertama, April 2016

ISBN : 978-602-1632-56-7

Tebal : xviii + 415 hlm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here