Tokoh-Tokoh yang Mencengangkanku; Lima Tokoh Ulama Yang Mencengangkan

0
179

Tokoh-tokoh dalam buku ini bukanlah orang yang di cari kelebihannya oleh penulis untuk ditulis. Tapi sumbangsih mereka sudah tampak sebelum penulis mengenalanya. Buku ini ditulis dengan maksud untuk berbagi perjuangan para tokoh dan mengapresiasikan sumbangsih mereka kepada manusia, dan menjadi bahan renungan, pedoman, atau patron dalam hidup kita.

Buku ini berisi riwayat hidup dan perjuangan hidup lima orang tokoh dari dua negara, Arab dan Indonesia. Datanya didapatkan langsung dari tokoh yang bersangkutan dengan proses wawancara dan observasi. Sedangkan tokoh yan sudah meninggal dunia, datanya diambil berdasarkan buku-buku, majalahdan internet. Buku tokoh-tokoh yang mencengangkanku ini merupakan kisah nyata.

Tokoh-tokoh yang dicantumkan dalam buku ini ada lima orang, mulai dari: Badi’uzzaman Sa’id Nursi, Muslim Ibrahim, Nuruzzahri, ‘Ali Jumu’ah, dan Edi Fadhil

Badi’uzzaman berasal dari Turki yang merupakan ulama yang pejuang, yang latar belakang pendidikannya tradisional. Namun ia menjadi terkenal dan menjadi ikon Turki seiring meredupnya paham sekuler Kamal Attaturk.

Ali Jumu’ah adalah ulama intelektual yang memimpin pergururan Tinggi Besar Dunia di Mesir. Iannya menjadi ikon ulama intelektual kontemporer bahkan dipercayakan menjadi Mufti Mesir dua periode. Beliau berasal dari Mesir.

Muslim Ibrahim adalah ulama intelekual dengan pendidikan formal mulai dasar sampai pergururan Tinggi, yang memimpin Majelis ‘Ulama Aceh berkali-kali.

Sedangkan Nuruzzahri adalah ulama dayah dengan dasar pendidikan tradisional dan memimpin dayah dan rumah penyantun.

Edi Fadhil sama sekali bukan ulama (dalam arti formal) dan tidak berlatar belakang “pendidikan agama”. Ia berkembang sebagai pekerja sosial sejak mudanya semasih mahasiswa. Ia memulai karirnya sebagai penggrak LSM, dan terus bekerja untuk masyarakat setempt walau sudah jadi PNS.

Muslim Ibrahim, Nuruzzahri dan Edi Fadhil berasal dari Indonesia, Khususnya Aceh. Inilah toko-tokoh yang cukup mencengangkan sumbangsihnya.

Judul Buku                  : Tokoh-Tokoh yang Mencengangkanku

Penulis                        : Abdul Hamid M. Djamil,Lc., Khalid Muddatstir

Penyunting                 : Murizal Hamzah

Penerbit                     : Bandar Publishing

Cetak                        : Pertama, Juni 2017

ISBN                          : 978-602-1632-98-7

Tebal                         : xiv + 197 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here