Tasawuf Aceh; Pengembangan Tasawuf dan Sastra di Nusantara

0
235

Tasawuf di Aceh merupakan Pilot pengembangan tasawuf dan sastra di nusantara. Diskursus pemikiran tasawuf, secara sistematis, dimulai di sini. Buktinya adalah sejumlah kitab tasawuf karya para tokoh. Beberapa kitab ditulis dalam bentuk sastra, khususnya syair, seperti yang jamak terlihat karya Hamzah Fansuri.

Menulis tasawuf merupakan salah satu upaya untuk meyegarkan kembali ingtan kita tentang tasawuf dan sastra itu sendiri. Konon lagi, beberapa tahun terakhir ini, wajah islam kian kusut dengan lebel “teroris” yang diberikan oleh Barat dan medianya pasca “tragedi 911”. Mereka seakan “tutup mata” terhadap wajah kembut Islam yang dapat dilihat dalam sisi esoteriknya, yaitu tasawuf. Selama ini, wajah esoterik tertutup oleh wajah eksoteris Islam, syariah.

Sisi esoterik Islam telah lama menjadi konsumsi masyarakat Aceh Islam yang masuk ke Aceh diduga sebagai islam tasawuf.

Buku ini menggambarkan tentang realitas bahwa tidak ada sejarah penerapan Syariat Islam dalam sejarah Aceh. Ulama, pemikiran keagamaan dan kehidupan sosio-religius orang Aceh masa lalu jauh dari syariat. Dengan kajian kritis historis dari berbagai literatur yang ada penulis mencoba memberikan gambaran kehidupan beragama dan polemik pemikiran keagamaan dalam sejarah Aceh.

Dari kajiannya terlihat Islam di Aceh bukan Islam syariat, tapi Islam hakikat yang termanifestasi dalam ajaran tasawuf. Karenanya yang ada dalam masyarakat Aceh masa lalu bukan Islam normatif, namun Islam substansif yang menjadi dasar bagi perkembangan perubahan.

Tasawuf Aceh kontemporer, jauh berubah dari tasawuf di dalam sejarah. Karena dari sisi sosiologis, manusia adalah produk lingkungan, sehingga ia akan selalu berubah seiring perubahan lingkungan.

Judul Buku                  : Tasawuf Aceh

Penulis                         : Sehat Ihsan Shadiqin

Penyunting                  : Lukman Emha

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                           : Pertama, Agustus 2008

Kedua, Juni 2009

ISBN                           : 978-979-164582-9-8

Tebal                           : xxviii + 200 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here