Sugesti Paulus; Esai-Esai Ilmu Perbandingan Agama

0
104

Karya ini merupakan sebuah upaya untuk mengkaji pandangan Paulus tentang penebusan dosa. Salah satu dasar dari ajaran penebusan dosa itu adalah tulisan Paulus dalam surat Roma 5: 18-19.

Lalu siapakah Paulus itu? Paulus lahir pada tahun-tahun pertama perkembangan Gereja di Tarsus Kililia. Tarsus adalah “kota yang terkenal” (Kis, 21:39). Ia masih muda swaktu Stefanus dirajam (Kis 7;58). Peristiwa itu terjadi pada malam permulaan gereja di Yerussalem.

Secara khusus, karya ini menggambarkan tentang penebusan dosa seluruh manusia menurut kepercayaan kristen, dengan pendekaan telaah isi (content analysis) Al-Kitab yang merupakan sumber pangan yangg utama bagi kepercayaan kristen, manusia sejak lahir telah membawa dosa, yaitu dosa yang diwariskan oleh nenek moyangnya, Adam dan Hawa.

Selain dosa warisan yang diterima manusia sebagai akibat pelanggaran Adam dan Hawa terhadap larangan Allah, orang kristen mengakui adanya dosa pribadi yang merupakan hasil perbuatan manusia sendiri dan sebagai konsekuensinya setiap pribadi bertanggungjawab atas dosa perbuatannya. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa dosa perbuatan adalah lanjutan dari dosa warisan, karena dosa itu seakan-akan merupakan sumber yang tersembunyi bagi dosa perbuatan setiap individu.

Pembahasan Sugesti Paulus (Kisi-Kisi Perbandingan Agama), yang dikemukan dalam buku ini bermaksud menunjukkan berbagai persoalan dan gambaran pembahasan mengenai dinamika yang terjadi dewasa ini.

Judul Buku                  : Sugesti Paulus; Esai-Esai Ilmu Perbandingan Agama

Penulis                         : Abdullah Sandang

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                           : Pertama, April 2011

ISBN                           : 978-602-95119-1-8

Tebal                           : viii + 154 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here