Sisi Lain Ulayat laut

0
65

Hukum adat menjadi sangat penting ketika di kaitkan dengan tanah dan sumber daya alam di dalamnya. Sumber daya alam yang melalui mekanisme hak menguasai negara, sudah di ingatkan untuk tidak bioleh meninggalkan kekayaan budaya yang ada dalam masyarakat. Kekayaan budaya telah membentuk sistem ekonomi masayarakat, terkait juga bagaimana alam lingkungan dijaga, serta menjaga kelestarian dan keberlanjutan dengan konsep yang sangat berbasis masyarakat.

Sumber daya pesisir adalah sumber daya yang berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan ini memiliki alat ukur yang beragam. Untuk hal ini, persepsi masayarakat tentang kesejahteraan tidak hanya ekonomi, melainkan juga kekayaan budaya yang tidak boleh ditinggalkan.

Dalam hukum adat laut dikenal adanya pola pengelolaan pesisir, dengan wilayah adat yang berada dalam wilayah lhok sebagai wilayah ulayat. Wilayah ulayat laut merupakan bagian dari hak menguasai negara, dimana negara memiliki kewenangan terbesar dalam pengelolaan berbagai kekayaan yang ada, baik bumi, air, dan semua yang terkandung di dalamnya. Namun demikian dalam politik hukum hak menguasai negara itu timpang dengan tidak melibatkan pola kearifan lokal secara utuh dalam pengelolaan sumber daya alam termasuk pengelolaan pesisir. Kondisi negara yang belum sepenuhnyan mengakui dan melindungi hukum adat laut dalam pengelolaan pesisir dapat dilihat dalam wujud tumpang tindih peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan sumber daya alam dan pengelolaan pesisir.

Pengelolaan peisisir harus dapat menggambarkan suasana harmonis antara berbagai kepentingan. Jangan karena mengejar kepentingan ekonomis, lantas menghasncurkan kepentingan kelestarian dan sosial-budaya.

Buku ini menggambarkan dalam masyarakat kita memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, yang mana dengan kekayaan budaya tersebut dapat menopang bagaimana masyarakat di dalamnya memperlakukan alam secara bijaksana.

Hukum dan peraturan perundang-undangan yang dirumuskan tidak boleh meninggalkan kekayaan budaya tersebut.

Judul Buku : Sisi Lain Ulayat Laut: Perspektif Hukum Pengelolaan Pesisir Berbasis Hukum Adat Laut
Penulis : Sulaiman, Syamsul Bahri dan M. Adli Abdullah
Penyunting : Teuku Muttaqin Mansur dan Mukhlisuddin Ilyas
Penerbit : Bandar Publishing
Cetak : Pertama, Desember 2016
ISBN : 978-602-1632-91-8
Tebal : xiv + 136 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here