Perjuangan Janda Mantan PM Aceh Merdeka; Catatan Azimar (istri dr. Muchtar Y Hasbi)

0
188

“Seumur hidup, kami tidak pernah bertemu lebih dari beberapa hari, akan tetapi dia adalah saudara sejiwa dan senyawa dengan saya dan berjuta orang Aceh yan berperasaan seperti ini”.

Buku ini merekam kisah nyata, tentang kehidupan gadis dan pemuda Aceh, yang menjakin cinta dan membina rumah tangga pada masa-masa peralihan dua konflik besar di Aceh yaitu akhir pergolakan Di TII dan awal pecahnya pemberontakan Aceh Merdeka.

Diawali dengan mula perkenal Azimar (penulis) dengan Muchtar Y Hasbi, pemuda asal Geudong, Aceh Utara yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran USU Medan. Lalu kehidupan rumah tangganya hingga takdir memisahkan keluarga tersebut.

Sekitar tiga tahun lamanya, Azimar hidup tanpa mengetahui keberadaan sang suami yang merupakan ayah dari anak-anaknya. Hingga, pada 13 Agustus 1980 datang kabar bahwa suaminya tertangkap, yang sejatinya telah syahid, dalam pertempuran di Pulo Tiga, Aceh Timur. Kehidupan setelah kejadian tersebut dijelaskan dalam buku ini secra detail.

Buku ini bercerita tentang sisi lain dari narasi besar konflik Aceh masa lalu; dari pandangan mata hati seorang perempuan. Sekelumit romantisme dalam perjuangan muncul dan dikemas dalam bingkai sejarah masanya. Kepahitan hidup, kekuatan pendirian, risiko perjuangan berkelin dan indah dalam cerita dari kisah nyata ini, cukup menggugah.

Buku ini bagai sebuah repertoar yang hidup nyata, menyibak memoar tentang kejuangan seorang istri, dalam jalinan cinta yang telah mereka ikrarkan, dengan rasa hormat pada keyakinan suaminya: syahid untuk sebuah cita-cita melihat Aceh sebagai sebuah bangsa, sebagai sebuah negeri merdeka.

Begitulah Ny Azimar, istri tercinta dr Muchtar Hasbi mengurai sejarah. Kini, Muchtar, sang pejuang, yang pernah menjadi Wakil Wali Neugara Aceh Merdeka, mungkin telah dilupakan. Tapi adakah manusia Aceh yang bisa menampik, bahwa Muchtar adalah personifikasi kepahlawanan yang menguntai sepanjang sejarah heroisme bagi bangsa Aceh?

Judul Buku                  : Perjuangan Janda Mantan PM Aceh Merdeka; Catatan Azimar (istri dr. Muchtar Y Hasbi)

Penulis                         : Azimar

Penyunting                  : Zainal Arifin M Nur

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                           : Pertama, November 2014

ISBN                           : 978-602-1632-36-9

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here