Membedah Sejarah Aceh

0
43

Aceh menjadi salah satu daerah yang kerap menjadi perbincangan dan pemberitaan. Aceh juga memiliki sejarah yang unik, yang menyebabkan banyak sarjana mengabadikannya dalam tulisan.

Di zaman modern ini Aceh adalah sumber berita karena berbagaia peristiwa yang selalu melekat padanya. Misalnya tsunami, konflik dengn pemerinah, penerapan syariat Islam, dan lain sebagainya.

Kondisi-kondisi ini telah menjadikan Aceh sangat terkenal di kalangan ilmuan, peneliti, pekerja, bahkan turis manca negara.

Kepakaran penulis dalam bidang adat dan sejarah lisan di Aceh akan menggambarkan bagaimana posisi dan peran Aceh dalam peta dunia, Nusantara, dan Indonesia kontemporer. Berbagai persoalan yang ada di Aceh tidak bisa dibaca hanya dari kaca mata Aceh saja, namun harus ditempatkan dalam konteks yang lebih besar. Sebab apapun yang terjadi di Aceh sering kali menjadi sebuah blunder yang berpengaruh hingga level nasional.

Buku ini bisa memberi inspirasi baru bagi upaya membangkitkan intelektualitas gairah “penjelajah” pengetahuan masa kini, sehingga kemegahan ulama Aceh, Hamzah Fansuri, dapat mendorong semangat untuk meraih kemajuan pemikiran yang berakhlakul karimah di kalangan masyarakat Aceh nantinya.

Buku ini berada ditengah-tengah karya masa lalu dan pandangan orang Aceh mengenai sejarah masa depan mereka.

Judul Buku : Membedah Sejarah Aceh

Penulis : M. Adli Abdullah

Penyunting : Ampuh Devayan

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Pertama, Juli 2011

ISBN : 978-602-95119-2-5

Tebal : xxiv + 170 hlm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here