Memahami Potensi Radikalisme dan Terorisme di Aceh

0
56

Berbicara radikalisme dan terorisme tidak boleh hanya tertuju pada suku, bangsa atau penganut agama tertentu saja seperti Islam. Karena perilkau radikalisme dan terorisme dapat juga dilakukan oleh pribadi, suku, bangsa atau penganut agama apa saja, dengan motif dan alasan yang berbagai rupa.

Di Indonesia belakangan telah terjadi dan muncul sejumlah agenda radikal yang tidak lazim dengan tema agama itu sendiri, kultural masyarakat, bahkan dengan karakter bangsa Indonesia yang santun. Agenda-agenda itu dilakukan dalam bentuk teror, sporadis, yang membuat tatanan khidupan sosial masyarakat terganggu.

Khususnya di Aceh, setelah berakhir konflik bersenjata antara pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sejak 15 Agustus 2005, kehidpan masyarakat Aceh telah berlalu dengan normal. Kohesi sosial masyarakatnya mulai tumbuh dan berkembang dalam suasana rekonsiliasi pasca konflik, menuju “damai abadi.” Dalam masa-masa kondusif tersebut, diskursus tentang khilafah, negara islam, jihad, bay’at, hingga kajian tentang Piagam Madinah dan Negara Madinah terus dilakukan dalam bentuk kelompok-kelompok kecil.

Kehadiran buku ini harus disambut dengan baik sebagai sebuah hasil penelitian lapangan yang dibukukan untuk disajikan kepada semua khalyak. Buku ini menjadi salah satu yang dapat dibaca untuk melihat potensi dan tool yang diperlukan dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di Aceh.

Penulis buku ini dengan brilian menampilkan narasi tentang potensi radikalisme dan terorisme di Aceh. Konflik RI-GAM telah berakhir, tapi karena kemiskinan, kontestasi politik kekuasaan, ditambah perbedaan interpretasi ajaran islam di kalangan muslim di Aceh menjadi alasan bahwa provinsi Aceh rawan terhadap konflik horizontal, radikalisme dan terorisme.

Judul Buku : Memahami Potensi Radikalisme dan Terorisme di Aceh
Penulis : Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad
Penyunting : Mukhlisuddin Ilyas
Penerbit : Bandar Publishing
Cetak : Pertama, Agustus 2016
ISBN : 978-602-1632-58-1
Tebal : xviii + 265 hlm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here