Mawardi Ismail, Intelektual Organik: Profil dan Catatan Para Sahabat

0
167

Mawardi Ismail, cermin akademisi yang menguasai ilmu hukum seutuhnya. Pengalamannya memberikan pendapat hukum melalui maklah dan artikel di surat kabar, dan narasumber dalam berbagai pertemuan ilmiah, menggambarkan sosok ini memiliki kemapanan dalam ilmu hukum. Disamping itu, posisi Mawardi Ismail sebagai sedikit akademisi yang pernah berpengalaman di kekuatan politik dan legislatif. Dengan pengalaman ini, membuat Mawardi Ismail tidak hanya memahami posisi hukum pada aras teori, melainkan juga praktek pembentukan hukum. Hal demikian yang membuat buku ini penting.

Dalam buku ini diuraikan beberapa catatan penting dari perjalanan hidup Mawardi Ismail, dalam bentuk profil dan catatan para sahabat/rekan serta orang-orang yang pernah berinteraksi dengan beliau. Dengan berbagai pengalaman dan jabatan yang dipegang, seyogianya berbagai hal dapat berimplikasi kepada kontribusi dalam membangun dunia keilmuan. Dari profil dan catatan para rekan/sahabat tersebut dapat disimpulkan bahwa Mawardi Ismail, termasuk dalam kategori intelektual organik, yaitu orang yang berhasil menjalankan fungsi intelektualnya dalam masyarakat.

Secara substansi pula, buku ini merupakan testimoni dari kolega dan sahabat Mawardi Ismail, baik kiprah beliau di kampus maupun dalam masyarakat termasuk dengan pemerintah Daerah, secara lugas diungkapkan oleh kolega-kolega beliau dalam buku ini.

Judul Buku                  : Mawardi Ismail, Intelektual Organik: Profil dan Catatan Para Sahabat

Penulis                         : Teuku Muttaqin Mansur, dkk

Penyunting                   : Sulaiman Tripa

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                          : Pertama, Februari 2016

ISBN                           : 978-602-1632-54-3

Tebal                           : xxiv + 382 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here