Konsep Senif Fi Sabilillah; Dalam Perspektif Fiqh Muqaran

0
207

Buku ini memberikan gambaran yang mendalam dan tuntas, bahwa fi sabilillah memang biaya untuk perang, dan bukan untuk biaya yang lain. Hanya para ulama telah mengeluarkan pandangannya, bahwa perang masa lalu berbeda dengan perang masa sekarang. Perang masa lalu lebih dominan dengan perang secara fisik, sedangkan perang masa kini lebih dominan dengan perang non-fisik.

Buku ini memberikan masukan yang amat berarti terhadap kajian hukum Islam, khususnya dalam menyikapi persoalan yang sedang menjadi hangat dewasa ini, khusus di tengah adanya polemik di kalangan para pengelola harta agama di Aceh, khususnya menyangkut senif fi sabilillah.

Kajian buku ini mengupas secara lebih mendalam tentang makna fi sabilillah yang dikaitkan dengan kondisi kehidupan masyarakat pada zaman sekarang yang sedang memahami makana fi sabilillah hanya pada aktivitas tertentu saja.

Buku Konsep Senif Fi Sabilillah; Dalam Perspektif Fiqh Muqaran terdiri dari beberapa bagian. Di pengantar, dikhususkan untuk mengungkapkan pendapat-pendapat ulama tentang masalah fi sabilillah, penjelasan dalil-dalil yang dijadikan landasannya serta diskusi terhadap dalil-dalil yang terlihat tidak mendukung untuk menarik kesimpulan dalam permasalahan.

Bab pertama, dikemukakan aliran pendapat pihak-pihak yang memberlakukan fi sabilillah secara umum untuk setiap kebaikan.

Bab kedua, memuat aliran pendapat yang membatasi fi sabilillah hanya pada kemaslahatan umum.

Bab ketiga, dikhususkan untuk aliran pendapat yang memasukkan pelaksanaan ibadah haji ke dalam fi sabilillah.

Bab keempat, membahas aliran pendapat yang memasukkan para ulama, para guru dan pemberi fatwa ke dalam fi sabilillah.

Bab kelima, dikhususkan untuk aliran pendapat yang membatasi fi sabilillah hanya pada jihad dan perang.

Bab keenam, ini untuk merumuskan kesimpulan pembahasan, yaiu penjelasan tentang pendapat yang paling didukung oleh dalil terkuat dan maqaashid Syari’ah dalam masalah ini.

Bagian akhir buku ini mengemukakan beberapa contoh aktivitas yang termasuk dalam kandungan makna fi sabilillah sesuai dengan arti dan aliran pendapat paling rajih tersebut di atas.

Judul Buku : Konsep Senif Fi Sabilillah; Dalam Perspektif Fiqh Muqaran
Penulis : Prof. Dr. Tgk. Muslim Ibrahim, MA
Penyunting : Dr. Ridwan Nurdin, MCL
Penerbit : Bandar Publishing
Cetak : Pertama, Juni 2012
ISBN : 978-602-18421-1-9
Tebal : xxiv + 116 hlm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here