Kaidah-Kaidah Fikih; Sebuah Aplikasi dalam Bidang Muamalat dan Ekonomi Islam

0
28

Kaidah fikih menempati posisi penting dalam diskursus hukum Islam. Selain memuat norma hukum yang bersifat umum yang dengan norma itu dapat diketahui hukum bagi kasus-kasus yang termasuk ke dalam cakupannya, ia juga dapat menjadi dalil-dalil pelengkap setelah menggunakan al-Quran dan hadist – bagi penetapan hukum suatu perkara.

Buku ini menekankan pembahasan yang mendalam pada bidang muamalat dan ekonomi islam. Oleh sebab itu, kaidah-kaidah yang di pilih dalam buku ini merupakn kaidah-kaidah utama dalam bidang muamalat dan ekonomi islam yang memiliki pengaruh yang signifikan dalam bidang tersebut.

Perspektif yang digunakan dalam buku ini adalah perspektif fikih muamalat dan ekonomi islam. Oleh sebab itu, pemilihan kaidah fikih dalam buku ini beserta contoh-contoh pengaplikasiannya didasari pertimbangan relevansi kaidah tersebut dengan bidang muamalat dan ekonomi islam.

Buku Kaidah-Kaidah Fikih; Sebuah Aplikasi dalam Bidang Muamalat dan Ekonomi Islam terdiri dari beberapa bab, bab I menjelaskan tentang dasar-dasar kaidah fikih. Bab II mengkaji kaidah-kaidah asasi yang terbagi kedalam lima bagian. Bab III membahas kaidah-kaidah umum yang juga terbagi ke dalam lima bagian. Bab terakhir yaitu bab IV membahas tentang kaidah-kaidah khusus juga masih dalam lima bagian.

Judul Buku                  : Kaidah-Kaidah Fikih; Sebuah Aplikasi dalam Bidang Muamalat dan Ekonomi Islam

Penulis                         : H. Artiyanto, Lc, MA

Penyunting                  : Zuhri, S. Sos.I, M.Pd.I

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                           : Pertama, Oktober 2017

ISBN                           : 978-602-5440-07-6

Tebal                           : x + 278 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here