Ideologi Pendidikan Qurani: Gagasan dan Gagasan

0
337

Manusia adalah makhluk moral, yang berkaitan dengan nilai (value). Nilai pendidikan selalu bersumber atas ideologi-ideologi. Ideologi sebagai sebuah konsep adalah serangkaian kepercayaan (belief) yang menjadi orientasi bagi sebuah tindakan manusia.

Begitu juga dengan ideologi pendidikan Qurani ini menjadi sebuah gagasan dan tawaran. Buku ini ditulis sebabagi sebuah gagasan dan tawaran yang menjadi penting dikaji berdasarkan empat pertimbangan.

Pertama, istilah “ideologi” digunakan dengan merujuk pengertiannya yang luas yaitu konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

Kedua, filsafat dan teori pendidikan lebih kental dengan muatan akademisnya sedangkan ideologi agak kurang tuntutan akademisnya, akan tetapi lebih diarah kepada aksi.

Ketiga, di dalam benturan peradaban sebagai dampak globalisasi, terjadi pergumulan ideologi dunia. Sementara ideologi Qurani sarat dengan nilai-nilai universal dan transedental seharusnya dapat ditawarkan sebagai paradigma ideologi alternaif. Terlebih lagi, pendidikan sebagai wahana sangat strategis dalam membangun peradaban alternatif perlu diformulasikan dengan pendekatan ideologis sehingga memiliki daya pengikat dan penggerak untuk aksi.

Keempat, ditengah-tengah munculnya semangat al-Quran saat ini yang berorientasi pada nilai-nilai dasar al-Quran yang sejatinya sangat humanis, sehingga semangat progresivisme dan liberalisme tiak kehilangan landasannya.

Judul Buku                  : Ideologi Pendidikan Qurani: Gagasan dan Gagasan

Penulis                        : M. Nasir Budiman

Penyunting                  : Dr. Silahuddin dan Mukhlisuddin Ilyas

Penerbit                      : Bandar Publishing

Cetak                         : Pertama, 2016

Tebal                          : x + 264 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here