Hasan Tiro: Jalan Panjang Menuju Damai Aceh

0
253

Hasan Tiro adalah sosok yang luar biasa dalam sejarah intelektual Aceh. Belum ada tanda-tanda dari anak bangsa Aceh yang dapat disejajarakan dengan Hasan Tiro. Terlepas Hasan Tiro sebagai deklarator GAM ynag pada awalnya sangat dicari-cari oleh aparat pemerintah. Ia tetap sebagai seorang tokoh di balik cita-cita membangun Aceh yang lebih baik. Kecintaannya terhadap Aceh, mengalahkan cintanya pada istri dan anaknya.

Di balik kesuksesan Hasan Tiro membangun GAM menjadi sebuah organisasi geakan besar. Kesuksesannya membangun sistem organisasi, jaringan internasional dan gelora spirit perjuangan keacehan belum ada yang dapat menandinginya. Ketulusannya untuk membawa perubahan bagi Aceh itulah yang dikenang oleh rakyat Aceh.

Jadi melalui buku ini, secara kronologis penulis menulis setiap sepak terjang Hassan Tiro. Secara garis besar, buku ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama mengupas perjalanan Hasan Tiro pulang ke Aceh tahun 2008 hingga wafat tahun 2010.

Bagian kedua, mengulas kehidupan Hasan Tiro sejak lahir, sosok replubliken pada masa revolusi 1945, kemudian memilih bersebrangan dengan Republik Indonesia. Mengirim surat protes ke Indonesia dan lain-lain serta sampul buku karya Hasan Tiro dan sebagainya.

Terakhir, bagian ketiga merangkum aktivitas Hasan Tiro dan GAM. Pertanyaan yang sering dilontarkan, apakah Hasan Tiro mendirikan Aceh Merdeka karena tidak mendapat proyekdi PT. Arun LNG di Aceh Utara? Apa alasan alumnus Columbia University bergerilya di rimba Aceh hingga ke berjuang ke Stockholm? Kisah selnajutnya pada sayap militer GAM, pelatihan militer di Libya hingga penerapan Darurat Militer.

Judul Buku : Hasan Tiro: Jalan Panjang Menuju Damai Aceh

Penulis : Murizal Hamzah

Penyunting : M. Adli Abddullah

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Kedua, Februari 2015

ISBN : 978-602-1632-34-5

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here