Buku Habib Muda Seunagan, Republiken Sejati dari Aceh

0
230
Cover Buku Abu Habib Muda Seunagan Republiken Dari Aceh

Judul Buku : Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati Dari Aceh: Hidup, Ajaran dan Perjuangan

Buku ini diawali dengan penulisan prolog yang ditulis oleh penulis dengan judul Menyikap yang tak berhijab: Habib Muda Seunagan dalam Diskursu Lisan dan Tulisan. Kemudian dilanjutkan bagian bab pertama tentang sejarahnya hidupnya; lahir dan silsilahnya hingga meninggalnya.

Bab kedua, penulis menguraikan tentang Ajaran Habib Muda Seunagan yang bersumber dari Al-Quran-sunnah, tarekat sebagai jalan agama, salek buta, bersahabat dengan Muda Wali dan sub bab lainnya. Bagian ketiga tentang keteladanan; pola kepemimpinannya, Lueng Abu Peulekung, inisiator pembangunan mesjid, kesetian dan kemanusia ditengah perang masa DI/TII.

Bab yang paling menarik dari buku ini adalah bagian Politik; bermula dari belajar perang dari kakeknya Abu Habib Seunagan dan ayahnya Abu Habib Muhammad Yasin, peristiwa perang tuwi pomat, menolak agresi militer Belanda I, menolak DI/TII, meminta senjata kepada soekarno (disertai dokumen), menyelemat warga dari konflik , menjadi tamu negara, kisah mobil land rover dari Soekarno, penghargaan negara atas jasa Habib Muda Seuanagan dan bakti terakhir sebagai republiken sejati.

Kemudian ditutup dengan apik dengan sebuah narasi Epilog. Terakhir ditutup dengan testimoni dari Prof. Dr. Said Agil Husin Al Munawar (Mantan Menteri Agama RI) Prof. Dr. Syahrizal Abbas (Dosen UIn Ar Raniry dan Kepala Dinas Syariat islam), Letjen (Purn) Prof. Dr. Syarifuddin Tippe (Direktur Program Pascasarjana Universitas Jayabaya Jakarta), Drs. H. Teuku Zulkarnaini (Bupati Nagan Raya), Prof. Dr. Apridar (Rektor Universitas Malikussaleh), Kolonel ARH Ruruh Setyawibawa (Danrem 012/Teuku Umar Meulaboh), Dr. Kamaruzzaman Bustamam Ahmad (Alumnus La Trobe Australia dan Dosen Fakultas Syariah UIN Ar Raniry), Teuku Raja Keumangan (Cucu Habib Muda Seunagan) dan Daniel Andrew Birchok (peneliti dan Dosen Universitas Vanderbilt Amerika Serikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here