Aktualisasi Sistem Budaya Akademik Pendidikan dayah di Aceh

0
174

Pendidikan erat kaitannya dengan perkembangan budaya, budaya akan berkembang seiring dengan perkembangan pendidikan dan sebaliknya. Perkembangan pendidikan akan mempengaruhi dinamika sosial-budaya dalam masyarakat. Pendidikan dalam Islam baik dari segi teoritis maupun pelaksanaannya merupakan bagian dari kebudayaan.

Pendidikan merupakan sebuah proses untuk mengangkat harkat, martabat dan kesiapan manusia dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan.

Dayah merupakan bagian yang tidak terpisah dari tradisi masyarakat Aceh, keberadaan dayah memiliki sejarah yang panjang, mengakar kuat masyarakat, baik dalam pola kehidupan sosial, budaya dan keagamaan. Dayah juga merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam yang mengajari, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Namun di era globalisasi pendidikan pendidikan di dayah mengalami kemunduran, mulai tergusur oleh pendidikan umum, disamping itu juga alumni dayah sekarang disadari atau tidak telah termarginalisasi, perannya sebagai pemikir dan penulis seperti diperankan oleh ulama masa lalu tidak nampak lagi, dan juga sebagian fungsinya seperti imam shalat, pimpinan zikir, berdoa digantikan dengan oleh alumni-alumni madrasah dan perguruan tinggi yang menyediakan penghafal alQuran, berkembang doktrin yang cenderung membelenggu talabah dalam upaya mengembangkan keilmuan.

Buku ini membahas bagaiaman perkembangan buedaya akademik dalam sistem pendidikan daya salafiyah di Aceh besar. Kemudian faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya dinamika dalam budaya akademik dalam sistem pendidikan daya salafiyah tersebut. Serta mengkaji bagaimana format pengembangan budaya akademik dalam sistem pendidikan dayah salafiyah tersebut di masa akan datang.

Judul Buku                  : Aktualisasi Sistem Budaya Akademik Pendidikan dayah di Aceh

Penulis                         : Dr. Silahuddin, M.A

Penyunting                  : Mukhlisuddin Ilyas

Penerbit                       : Bandar Publishing

Cetak                           : Pertama, Oktober 2016

ISBN                           : 978-602-1632-71-0

Tebal                           : x + 262 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here