Acehnologi : Volume IV

0
43

Studi tentang ke-Aceh-an telah menjadi fokus para penjelajah asing yang datang ke Nusantara sejak abad ke-16.para penjelajah asing tersebut menulis tentang Aceh dalam berbagai perspektif. Baik dari sistem pemerintahan, kultur masyarakat, sumber daya alam, eksotisme negara Aceh, ketangguhan perempuan Aceh, patriotisme orang Aceh, hubungan Aceh dengan negara luar dan sejumlah tema lainnya.

Acehnologi volume IV juga berisi dua bagian yaitu bagian ketujuh dan delapan. Bagian ketujuh, acehnologi dalam pergumulan identitas terdiri dari lima bab, dimulai dengan bab 33 yaitu sejarah persia dan syari’ah di Aceh, jak u Arab : cara orang Aceh naik haji, jejak Aceh dalam sejarah melayu di pulau pinang. Lalu imigran Aceh di tanah Melayu dan identitas Gayo dalam konteks ke-aceh-an.

Bagian kedelapan, acehnologi dan isu-isu kontemporer. Dilanjutkan dengan bab 38 yaitu budaya, religi dan kosmopolitanisme di Aceh, lalu perempuan aceh dalam konteks kekinian, studi tentang Panglima La’ot di Aceh, dari damai ke proyek : potret keamanan Aceh, syariah islam sebagai Living Tradition dan bab terakhir dari volume ini adalah bab 43 menceritakan tentang dari Fiqh Indonesian ke fiqh Malaysia.

Berbicara tentang Aceh tak cukup sampai disini, maka buku Acehnologi masih bersambung ke volume V dan VI, tunggu kehadirannya di toko buku terdekat.

Judul Buku : Acehnologi : Volume IV

Penulis : Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad

Penyunting : Inayatillah

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Pertama, Oktober 2017

ISBN : 978-602-1632-64-2

Tebal : xxviii + 294 hlm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here