Aceh di Mata Dunia

0
79

Dalam perjalanan sejarah, Aceh merupakan sebuah fenomena yang menarik, Aceh tidk hanya sebuah suku, tapi juga merupakan sebuah bangsa yang mempunyai sejarah, budaya, bahasa, adat dan tatanan hukum yang menjadi sebuah contoh untuk negara-negara hukum yang lain ketika itu.

Untuk memahami Aceh, kita harus review kembali setiap perjalanan yang telah dilalui oleh masyarakatnya. Alasannya, setiap sejarah yang ditorehkan oleh Aceh tidak hanya merupakan sebuah cerita masa lalu yang selalu dibanggakan oleh masyarakat Acehnya (romantic historism), akan tetapi sejarah Aceh merupakan sebuah nilai (value), identitas (identity), harga diri (dignity) dan deskripsi yang melahirkan sebuah sistem kehidupan masyarakat Aceh. Sehingga menjadi sebuah cerminan dalam menata hidup yang lebih baik.

Tengku Hasan Tiro, sang deklarator Gerakan Aceh Merdeka sekaligus keturunan dari Panglima Perang Aceh Tengku Chik di Tiro Muhammad saman, mengangkat kembali nilai-nilai sejarah yang telah menjadi tonggak dalam menata Aceh, tidak hanya menjadi sebuah cerita masa lalu yang tidak berharga dan terkesan sebuah kebanggaan. Akan tetapi sejarah yang menjadi identitas dan harga diri untuk menunjukkan Aceh sebagai sebuah bangsa besar dalam peradaban dunia.

Melalui risalahnya Aceh di Mata Dunia penulis memaparkan kepada generasi-generasi Aceh, bagiamana seharusnya orang Aceh melihat diri sendiri dihadapan siapapun dengan memberi perbandingan terhadap pandangan dunia yang dulu pernah berurusan dengna Aceh, baik sebagai musuh maupun sebagai mitra kerja sama pemerintah. Karena hal ini sangat menentukan nasib Aceh dan nasib generasi selanjutnya serta nasib bangsa Aceh di mata dunia.

Buku Aceh di Mata dunia ini ditulis untuk generasi-generasi muda Aceh sekarang, laki-laki maupun perempuan. Sebagai sebuah jembatan yang bisa menghubungkan masa lalu dengan masa depan sebagai sambungan dari tali hubungan yang sudah putus, agar generasi Aceh kini mengerti dan paham seperti apa negara yang sudah dibangun dan dipertahankan oleh nenek moyangnya dulu. Seperti apa kemuliaan yang sudah diraih dan bagaimana aceh diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di muka bumi.

Judul Buku : Aceh di Mata Dunia

Penulis : Tengku Hasan M. Di Tiro

Penyunting : Murizal Hamzah

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Kedua, Maret 2014

ISBN : 978-602-17787-8-4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here