Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati Dari Aceh: Hidup, Ajaran, dan Perjuangan

0
98

Dalam perkembangan Islam di Aceh, telah lahir ulama-ulama yang memiliki pengaruh luas dalam masyarakat. Merekabukan saja duduk di balai pengajian untuk menjelaskan kepada masyrakat tentang agamanya, namun juga tururt dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Peran sosial ini sudah dimainkan oleh ulama sejak berdirinya kerajaan Islam di Aceh sekitar abad IX masehi dan terus berlangsung sepanjang sejarah Islam di Aceh hingga dewasa ini.

Salah satu peran sosial yang sering dimainkan oleh ulama di Aceh adalah gerakan politik. Ulama menjadi salah satu aktor penting sepanjang sejarah politik Aceh.

Habib Muda Seunagan atau dikenal dengan nama Abu Peuleukung, Ia hidup di masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan Indonesia. Ia mengalami masa perang dengan pasukan kolonial, kerja paksa pada masa Jepang, perang saudara pascakemerdekaan, hingga politik pemerintah Orde Lama dan Orde Baru.

Selain di ladang politik, dalam ranah keagamaan, Ia adalah seorang ulama yang hidup lintas generasi, yang mengghadapi dan menyelesaikan pelbagai masalah keagamaan sepanjang masa penjajahan hingga masa kemerdekaan.

Buku ini berusaha menampilkan Habib Muda Seunagan dari perspektif berbeda dengan apa yang telah berkembang di masyarakat. Pandangan ini prlu untuk mengimbangi informasi yang sudah berkembang selama ini.

Penulis menyusun buku ini dalam bentuk biografi ringan yang cocok dan sesuai untuk kalangan pembaca.

Judul Buku : Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati Dari Aceh: Hidup, Ajaran, dan Perjuangan

Penulis : Sehat Ihsan shadiqin, Mukhlisuddin Ilyas, Ardiansyah

Penyunting : Fakhrurradzie Gade

Penerbit : Bandar Publishing

Cetak : Pertama, November 2015

ISBN : 978-602-1632-50-5

Tebal : viii + 416 hlm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here